Tes Kemampuan Bahasa Indonesia Untuk Orang Asing

Tes Kemampuan Bahasa Indonesia Untuk Orang Asing

Tes kemampuan bahasa Indonesia untuk orang asing memiliki tujuan untuk memberikan penilaian standar kemampuan penutur asing dalam berbahasa Indonesia. Makin maraknya orang asing yang tertarik untuk mempelajari bahasa dan budaya Indonesia, menuntut setiap lembaga penyelenggara bahasa Indonesia untuk orang asing dalam menguji kompetensi siswa asing yang sudah maupun yang belum dan akan belajar bahasa Indonesia. Tes kemampuan bahasa Indonesia untuk orang asing ini bukan dapat digunakan sebagai pengenalan siswa yang ingin mempelajari bahasa Indonesia. Pengajar dan pihak penyelanggara dapat memutuskan penempatan tingkatan atau kelas yang akan mereka peroleh melalui hasil tes kemampuan bahasa Indonesia untuk orang asing. Jika siswa belum sepenuhnya menguasia bahasa Indonesia setelah dilakukan tes, maka penempatan kelas ada pada tingkat pemula, begitu seterusnya. Lembaga dan instansi penyelenggara bahasa Indonesia untuk orang asing memprioritaskan tes kemampuan tersebut untuk menguji empat aspek yang paling penting dalam dunia bahasa yaitu mendengar, menulis, membaca, dan berbicara. Ada berbagai media yang akan diberikan guna mendukung berjalannya tes tersebut. Harus diakui, tujuan mempelajari bahasa adalah agar si pembelajar mampu berkomunikasi menggunakan bahasa tersebut. Namun dalam hal ini, komunikasi tidak akan tercipta dengan baik jika konsep berbahasa hanya mementingkan aspek berbicara dan mendengar. Penunjang berjalannya proses komunikasi yang baik adalah ketika orang asing yang belajar bahasa Indonesia mampu menguasai keempat aspek tersebut. Pada umumnya, pelaksanaan tes kemampuan bahasa Indonesia untuk orang asing meliputi dua tahap, yaitu sebagai berikut :

Tes Kemampuan Bahasa Indonesia Untuk Orang Asing

  1. Tahap Tes Tertulis

Tahap tes tertulis yang diberikan kepada siswa bahasa Indonesia untuk orang asing tidak jauh berbeda dengan tes-tes tulisan lainnya. Pada tes kemampuan bahasa Indonesia untuk orang asing ini lebih ditekankan kepada seberapa jauh mereka menjawab soal yang berhubungan dengan tata bahasa Indonesia. Tes tertulis ini biasanya berupa pilihan ganda yang memudahkan pembelajar dalam menjawab soal-soal tes dan juga ada yang berbentuk essai. Akan tetapi, jangan menganggap remeh tes tertulis ini karena terkadang banyak soal jawaban yang menjebak ketika akan memilih. Pada tes tertulis essai, penilai akan mengukur kemampuan peserta tes dengan memberikan beberapa soal mengenai beberapa topik misalnya menulis sebuah cerita tentang trend masa kini, atau menjelaskan deskripsi gambar yang diberikan agar peserta tes mampu membuat penjelasan atau cerita dengan menggunakan kosakata serta tata bahasa yang telah mereka pelajari sebelumnya. Pada tes kemampuan bahasa Indonesia untuk orang asing secara tertulis ini, tingkat kemampuan peserta dalam menciptakan kalimat yang tepat akan diukur ketika mereka membuat karangan.

  1. Tahap Tes Lisan

Tes lisan biasanya diadakan setelah peserta selesai mengerjakan tes tertulis. Penguji akan memulai tes lisan dengan mengajukan beberapa pertanyaan seperti model wawancara. Umumnya pertanyaan yang diberikan dapat berupa data diri serta pengalaman yang pernah dimiliki oleh peserta. Penguji juga akan bertanya mengenai topik-topik umum yang disesuaikan dengan tingkatan kemampuan peserta dalam menguasai bahasa Indonesia. Pada tes kemampuan bahasa Indonesia untuk orang asing berupa lisan ini, kemampuan yang akan dinilai adalah mengenai penguasaan tata bahasa yang baik dari kata-kata yang disampaikan oleh peserta tes. Disini juga penguji akan menilai kemampuan mereka dalam mengucapkan kosakata juga ejaan yang benar dalam bahasa Indonesia. Kesesuaian topik dengan apa yang telah dipelajari oleh mereka juga akan membantu peserta dalam mencerna setiap pertanyaan yang diajukan oleh pemguji. Bila peserta sudah mencapai tingkatan mahir, maka pertanyaan yang diberikan berupa topik-topik yang cukup berat seperti seputar politik atau perbandingan budaya Indonesia dengan budaya di negara mereka.

Tes Kemampuan Bahasa Indonesia Untuk Orang Asing

Mengikuti tes bagi para pendatang asing yang belajar bahasa Indonesia sudah merupakan kewajiban karena tanpa tes kemampuan bahasa Indonesia untuk orang asing, mereka tidak akn bisa mengukur sejauh mana batas kemampuan mereka menguasai bahasa tersebut. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut tentang tes kemampuan bahasa Indonesia untuk orang asing dapat menghubungi kami sebagai penyedia les bahasa Indonesia professional melalui telphone/SMS/WA ke nomor 087885296161/ 081280255466 atau anda dapat mengirimkan pesan melalui email excellentprivat@gmail.com. (SM)

www.expatriateindonesia.com

expat-1-300x225

Terimakasih telah membaca artikel tentang Tes Kemampuan Bahasa Indonesia Untuk Orang Asing ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *