Bahasa Indonesia Untuk Expatriat Pesanggarahan

Bahasa Indonesia Untuk Expatriat Pesanggarahan

Bicara mengenai negara Indonesia tidak lepas dengan budaya, bentang alam, serta bahasa nasional mapun daerah yang dimiliki negara ini. Bagi siapa saja orang asing yang datang ke Indonesia, baik itu untuk menetap dalam waktu singkat maupun lama, atau hanya berkunjung ke Indonesia pastinya sangat tertarik mengetahui seluk beluk Indonesia termasuk bahasanya. Untuk kalangan expatriat yang menetap dalam beberapa waktu lama dalam suatu tujuan di negara ini, bahasa Indonesia haruslah dikuasai untuk menjalin komunikasi yang baik dengan penduduk setempat. Mempelajari bahasa Indonesia untuk expatriat dapat dilakukan dengan berbagai cara baik mengikuti lembaga kursus, belajar sendiri, maupun melanjutkan sekolah di jurusan bahasa Indonesia. Bagaimanapun cara mempelajarinya, bahasa Indonesia untuk expatriat tetaplah tidak sama dengan bahasa Indonesia yang biasa dipelajari oleh penduduk asli Indonesia. Sayangnya, bahasa Indonesia untuk expatriat masih tergolong baru di kalangan pendidikan Indonesia sehingga masih banyak yang perlu diperbaiki dari system pengajaran, modul resmi, serta tahapan-tahapan yang perlu dipelajari dalam bahasa tersebut. Para pengajar bahasa Indonesia perlu diberikan arahan dalam mengajarkan bahasa Indonesia untuk kalangan expat agar ilmu yang disalurkan dapat diterima dengan baik tanpa ada kebingungan pada murid.

Bagi para pengajar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengajarkan bahasa Indonesia untuk expatriat terutama dalam hal pemberian materi ajar. Hal ini sangat penting mengingat ada beberapa level dan kebutuhan yang berbeda-beda antara setiap expat. Mereka belajar bahasa Indonesia dengan berbagai tujuan sehingga pengajar perlu mengetahui ciri apa saja yang harus ada dalam pemberian materi ajar bahasa Indonesia?

Bahasa Indonesia Untuk Expatriat Pesanggarahan

Umumnya, materi ajar bahasa (dalam hal ini khususnya bahasa Indonesia) yang baik haruslah mengandung beberapa hal dibawah ini :

  1. Tepat sasaran

Bahasa sebagai alat komunikasi memiliki kedudukan yang penting bagi setiap kalangan, mereka memiliki tujuan masing-masing untuk belajar bahasa Indonesia dan berharap dari tujuan itu akan mendapatkan ilmu tentang topik yang mereka perlukan. Materi ajar yang diberikan untuk murid expatriat haruslah tepat sasaran dan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai oleh murid setelah menguasai bahasa Indonesia dengan baik. Dalam belajar bahasa Indonesia untuk expatriat, topik level karyawan dengan topik level mahasiswa sangat berbeda karena bidang yang mereka tekuni sudah berada di ranah yang berbeda. Untuk itu pengajar perlu mempersiapkan topik, materi, serta pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing expatriat.

  1. Perkembangan kemampuan berkomunikasi

Dalam hal ini, pengajar harus peka terhadap perkembangan kemampuan expat yang belajar mengenai komunikasi berbahasa Indonesia. Tahap perkembangan penguasaan merupakan slaah satu hal utama untuk menyediakan materi baru untuk belajar. Jika kemampuan mereka sudah cukup baik dalam bekomunikasi, materi yang diberikan berupa studi kasus ringan yang akan dijadikan bahan diskusi. Materi ajar haruslah bervariasi dari setiap pertemuan karena hal itu akan membuat pengajar tahu sampai dimana tingkat kemampuan siswa.

  1. Perhatikan cara belajar serta pengetahuan tentang bahasa

Setiap murid memiliki kemampuan serta cara belajar yang berbeda-beda sesuai tingkat kecerdasan mereka. Materi ajar bahasa Indonesia untuk expatriate harus sesuai dengan sejauh mana expat tersebut mencerna pelajaran. Jika kemampuan serta pengetahuan mereka tentang bahasa Indonesia hanya sedikit, maka berilah materi yang sangat ringan agar mereka lebih mudah mengerti materi ajar tersebut.

  1. Bebas menetukan pilihan

Topik-topik serta materi ajar yang diberikan bukan berarti harus mengikat keleluasaan mereka berpikir untuk mengembangkannya atau menggantinya dengan topik yang lebih mereka sukai. Tujuan utama dari belajar bahasa Indonesia untuk expatriat adalah agar mampu berkomunikasi dengan bahasa negara ini. Para expat juga bisa dengan bebas memilih topik yang mereka ingin bahasa untuk melatih kemampuan mereka bicara.

  1. Menggunakan sumber-sumber belajar lain

Jika dalam belajar bahasa Indonesia untuk expatriat sudah disediakan buku panduan pembelajaran bahasa Indonesia, jangan hanya terfokus memberi materi dari dalam buku tersebut. Pengajar dapat mengembangkan materi sesuai dengan kebutuhan murid dengan menggunakan atau mencari topik dari sumber belajar lainnya. Ini akan menambah pengetahuan murid tentang bahasa Indonesia untuk expatriat.

Bahasa Indonesia Untuk Expatriat Pesanggarahan

Dalam mengajarkan bahasa Indonesia untuk expatriat, pengajar tidak hanya memberikan ilmu atau materi untuk membantu mereka menguasai bahasa Indonesia tetapi juga mengevaluasi kemampuan yang sudah mereka miliki dalam menguasai bahasa Indonesia. Evaluasi tersebut akan menjadi tolak ukur bagi mereka dalam memperbaiki sistem belajar mereka. Demikian penjelasan tentang materi ajar bahasa Indonesia untuk expatriat. Jika kerabat/teman Anda tertarik untuk mengikuti program kursus bahasa Indonesia untuk expatriat dengan mendatangkan guru ke tempat yang telah disepakati, maka dapat menghubungi kami sebagai penyedia guru les bahasa Indonesia professional melalui telphone/SMS/WA ke nomor 087885296161 / 081280255466 atau anda dapat mengirimkan pesan melalui email excellentprivat@gmail.com. (SM)

www.lesprivatbahasainggris.net

toshi-6-300x225

Terimakasih telah membaca artikel tentangĀ Bahasa Indonesia Untuk Expatriat Pesanggarahan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *