Belajar Bahasa Indonesia Untuk Expatriate Pesanggarahan

Belajar Bahasa Indonesia Untuk Expatriate Pesanggarahan

Kebutuhan akan bahasa Indonesia mulai dirasakan oleh kalangan expatriate yang tinggal di Indonesia untuk beberapa tujuan. Para expatriate melakukan beberapa hal untuk dapat mencapai tujuan mereka menguasai bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi dengan penduduk setempat. Mereka merasakan dari waktu ke waktu bahwa bahasa Inggris yang mereka biasa gunakan tidak sepenuhnya dapat dimengerti oleh semua penduduk asli Indonesia. Untuk menanggulangi kesalahpahaman serta kesenjangan antara pendatang asing dengan penduduk asli, ada baiknya para expatriate yang memutuskan untuk tinggal dalam beberapa waktu belajar bahasa Indonesia untuk expatriate. Belajar bahasa baru mungkin merupakan hal yang cukup sulit bagi beberapa expatriate, mereka yang dengan berbagai kesibukan sedikit sulit mendapatkan pelajaran bahasa Indonesia. Seharusnya para expatriate mengikuti kursus bahasa Indonesia dengan guru professional agar pembelajaran dapat terjadi dengan maksimal. Dalam belajar bahasa Indonesia untuk expatriate bersama guru, para expat akan diberikan beberapa metode yang akan mendukung proses belajar sehingga mereka yang belajar dalam lebih efektif dan interaktif dalam mengikuti pelajaran.

Apakah yang dimaksud dengan metode pembelajaran? Metode adalah cara yang digunakan memberikan rencana materi yang sudah disusun untuk menghasilkan pembelajaran yang maksimal. Metode digunakan untuk merealisasikan strategi yang telah ditetapkan. Keberhasilan pemberian strategi pembelajaran sangat tergantung pada cara guru menggunakan metode pembelajaran. Dalam belajar bahasa khususnya bahasa Indonesia untuk expatriate, ada beberapa metode pembelajarn yang akan ditampilkan oleh guru bahasa Indonesia.

Belajar Bahasa Indonesia Untuk Expatriate Pesanggarahan

Jenis-jenis metode belajar bahasa Indonesia untuk expatriate

  1. Metode Wawancara

Pada metode ini, murid yang belajar bahasa Indonesia untuk expatriate dari segala tingkat sudah dapat dilatih untuk melakukan wawancara dengan sesama siswa atau orang lain, dan jika pembelajaran dilakukan secara privat maka dapat dilakukan interaksi antara guru dengan murid. Guru dapat menggunakan metode wawancara ini untuk melatih kelancaran berbicara, kecermatan dan keberanian dalam berkomunikasi. Dalam metode ini, siswa akan ditanyai beberapa pertanyaan tentang berbagai topik umum yang dapat dijadikan semacam bahan diskusi inetraktif.

  1. Metode Diskusi

Biasanya, metode diskusi ini dilakukan dalam jumlah murid yang cukup banyak di kelas sehingga akan terjadi pemebrian pendapat pada sebuah topik yang diberikan. Namun jika ada yang tertarik mengikuti kelas privat belajar bahasa Indonesia untuk expatriat maka diskusi yang terjadi adalah antara murid dengan guru. Ini akan lebih baik bagi guru untuk mengetahui kelemahan langsung dalam diri sendiri. Dalam metode ini, mereka seakan berpura-pura untuk menyelesaikan kasus yang diberikan sehingga semua orang bebas menyampaikan pendapat masing-masing. Untuk memberikan topik diskusi, guru dapat memberikan beberapa gambar atau artikel yang dapat menimbulkan pertanyaan serta pernyataan dari murid.

  1. Metode Pemecahan Masalah

Metode pemecahan masalah adalah penggunaan metode dalam kegiatan pembelajaran dengan jalan melatih siswa menghadapi berbagai masalah baik itu masalah pribadi atau perorangan, maupun masalah kelompok untuk dipecahkan sendiri atau secara bersama-sama. Orientasi pembelajarannya adalah investigasi dan penemuan yang pada dasarnya adalah pemecahan masalah. Mereka akan diinstruksikan untuk memecahan suatu kasus yang diberikan dengan menggunakan keterampilan menulis maupun menggambar sesuatu.

  1. Metode Pembelajaran Berbasis Masalah

Pelajaran berbasis masalah dalam belajar bahasa Indonesia untuk expatriate sangat efektif untuk murid menyebutkan satu studi kasus seperti cerita yang pernah mereka alami dan menjelaskan cara mereka keluar dari masalah yang mereka hadapi. Metode ini lebih memusatkan pada masalah kehidupannya yang bermakna bagi siswa, peran guru menyajikan masalah, mengajukan pertanyaan dan memfasilitasi penyelidikan dan dialog.

  1. Metode gambar dan gambar

Metode gambar dan gambar adalah suatu metode belajar yang menggunakan gambar dan dipasangkan/diurutkan menjadi urutan logis. Metode ini akan menarik bagi murid untuk belajara bahasa Indonesia untuk expatriate karena mengurutkan gambar dengan susunan yang baik serta dapat menjelaskan kronologi yang ada pada gambar itu akan menjadikan pembelajaran menggunakan metode ini sangat menyenangkan. Metode ini memiliki kelebihan yaitu guru akan menjadi lebih tahu kemampuan murid dalam menangkap maksud serta menyusun gambar tersebut.

Belajar Bahasa Indonesia Untuk Expatriate Pesanggarahan

Kelima metode diatas dapat menjadi bahan persiapan atau pendukung berjalannya proses belajar bahasa Indonesia untuk expatriate. Jika kerabat/teman Anda tertarik untuk mengikuti program belajar bahasa Indonesia untuk expatriate dengan mendatangkan guru ke tempat yang telah disepakati, maka dapat menghubungi kami sebagai penyedia guru les bahasa Indonesia professional melalui telphone/SMS/WA ke nomor 087885296161/ 081280255466 atau anda dapat mengirimkan pesan melalui email excellentprivat@gmail.com. (SM)

www.expatriateindonesia.com

picsart_11-16-12-59-02

Terimakasih telah membaca artikel Belajar Bahasa Indonesia Untuk Expatriate Pesanggarahan ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *