Guru Bahasa Indonesia untuk Expatriat mampang perapatan

Guru Bahasa Indonesia untuk Expatriat mampang perapatan

Karir guru bahasa Indonesia untuk expatriat sudah semakin menjanjikan sejak diberlakukannya system masyarakat ekonomi Asia yang mengizinkan orang asing dari negara lain terutama Asia untuk bekerja dan membangun bisnis di Indonesia. Banyak orang asing menjadi peminat untuk belajar bahasa Indonesia agar dapat leluasa melakukan komunikasi dengan penduduk setempat dan membangun banyak jaringan baru dari di beberapa area di Indonesia. Para expatriat sedikit mengalami kesulitan belajar bahasa Indonesia jika dilakukan secara otodidak. Mereka tidak mengerti bagaimana harus mengawali pembelajaran jika dilakukan sendiri. Bagi mereka yang menyadari hal itu memilih untuk belajar dengan guru bahasa Indonesia untuk expatriat agar dapat memberikan pemebelajaran secara terarah dan baik. Seorang guru bahasa Indonesia untuk orang asing tidak serta merta memberikan pelajaran bahasa Indonesia tanpa memikirkan beberapa hal penting yang akan mendukung proses pengajaran bahasa Indonesia ini.

Guru Bahasa Indonesia untuk Expatriat mampang perapatan

Pokok dasar yang harus ada dalam pengajaran bahasa Indonesia untuk expatriat

  1. Tujuan expatriat belajar bahasa Indonesia

Sebelum memberi pengajaran terhadap expatriat, guru perlu memperhatikan tujuan utama murid expat belajar bahasa Indonesia. Materi bagi murid yang belajar bahasa Indonesia dengan tujuan hanya berwisata tentu akan berbeda dengan materi bagi murid yang bertujuan untuk  studi, bekerja, atau menjadi peneliti di Indonesia. Materi bagi murid di sekolah menengah tentu saja untuk keperluan studi. Guru bahasa Indonesia untuk expatriat harus mampu mengenal bahwa pengajaran bahasa Indonesia yang dilakukan harus merujuk pada tujuan belajar bahasa Indonesia bagi orang asing dari berbagai negara dan memiliki latar belakang bahasa dan usia, profesi, kompetensi, dan tujuan berbeda.

  1. Tingkat kesulitan materi

Tingkat kesulitan materi untuk muris bahasa Indonesia tingkat pemula akan berbeda dengan materi untuk tingkat menengah dan mahir. Materi yang terlalu sulit atau terlalu mudah akan berimbas kepada motivasi murid expatriat dalam belajar bahasa Indonesia. Mereka bisa jadi sangat bosan jika materi tersebut terlalu mudah dan tidak ada perubahan pada setiap pertemuan, atau akan kebingungan bila mendapatkan materi yang terlalu sulit. Dengan demikian, guru bahasa Indonesia untuk expatriat perlu memperhatikan tingkat kesulitan pada materi yang disusun.

  1. Variasi materi

Guru bahasa Indonesia untuk expatriat harus kreatif akan materi ajar. Materi yang tidak bervariasi akan menimbulkan kejenuhan. Variasi dilakukan pada pemilihan jenis keterampilan dan pilihan tema. Contoh dalam pembelajaran keterampilan berbicara, pengajar tidak hanya melatih murid dalam berdialog, tetapi jenis berbicara dalam topik yang lain harus diberikan secara bertahap. Tema yang diberikan juga harus bervariasi seusia dengan tingkat kebutuhan murid

  1. Konteks materi

Materi yang dikembangkan harus dikaitkan dengan konteks agar bermakna. Oleh karena itu, dalam pengembangan materi harus ada tema yang mengikat keseluruhan materi agar topik-topik yag diberikan tidak menjauh dari tema yang ada. Tema-tema pun harus disesuaikan dengan kemampuan murid dalam mencerna maksud dari materi tersebut. Pemberian konteks materi yang diberikan guru bahasa Indonesia untuk expatriat akan memudahkan pengajar untuk memadukan berbagai materi ajar.

  1. Keterpaduan materi ajar

Hal selanjutnya yang wajib diperhatikan oleh guru bahasa Indonesia untuk expatriat adalah keterpaduan materi. Belajar berbahasa tidak sama dengan belajar tentang bahasa. Belajar berbahasa mengacu kepada belajar empat keterampilan berbahasa: mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Dalam belajar empat keterampilan tersebut, tentunya dibutuhkan pengetahuan tentang makna kalimat, pengucapan kata, serta budaya yang terdapat dalam bahasa yang sedang dipelajari.Budaya masyarakat dalam menggunakan bahasa mereka sangat berbeda satu sama lain sehingga orang asing harus mencari tahu tentang budaya tersbeut. Seorang guru bahasa Indonesia untuk expatriat yang professional mampu memadukan antara budaya, bahasa serta pola kalimat dalam bahasa Indonesia/ Ketidaktahuan siswa tentang budaya Indonesia dapat menimbulkan kesalahpahaman. Ketidaktahuan siswa tentang tata bahasa Indonesia akan menimbulkan kekacauan dalam berbahasa.

Guru Bahasa Indonesia untuk Expatriat mampang perapatan

Menjadi guru bahasa Indonesia untuk expatriat memerlukan keterampilan yang baik dalam memberikan materi. Kemampuan seorang guru dalam mengajarkan bahasa Indonesia akan terlihat dari kemampuannya berkomunkasi bahasa Indonesia. Jika kerabat/teman Anda tertarik untuk mendatangkan guru bahasa Indonesia untuk expatriat, maka dapat menghubungi kami sebagai penyedia guru les bahasa Indonesia professional melalui telphone/SMS/WA ke nomor 087885296161/ 081280255466 atau anda dapat mengirimkan pesan melalui email excellentprivat@gmail.com. (SM)

www.expatriateindonesia.com

expatriate-indonesia-untuk-expat-di-gatot-subroto-300x225

Terimakasih telah membaca artikel tentang Guru Bahasa Indonesia untuk Expatriat mampang perapatan ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *