Silabus Pengajaran Bahasa Indonesia untuk Orang Asing

Silabus Pengajaran Bahasa Indonesia untuk Orang Asing

Memberi pengajaran bahasa Indonesia untuk orang asing pastinya memerlukan modal agar proses belajar menjadi terlaksna seperti yang diharapkan. Pada dasarnya, kemajuan kurikulum bahasa Indonesia untuk orang asing masih belum sebanding dengan meningkatnya peminat bahasa Indonesia untuk orang asing kini baik di dalam maupun luar negeri. Masih banyak hal dari sistem pembelajaran bahasa Indonesia untuk orang asing yang harus diperbaiki. Dalam menyelenggarakan program bahasa Indonesia untuk orang asing, lembaga penyelenggara maupun harus mempersiapkan segala keperluan pengajar untuk melancarkan proses pembelajaran yang tercipta sehingga tujuan memberikan ilmu pnegetahuan kepada murid akan tercapai. Hal yang wajib dipersiapkan oleh penyelenggara BIPA atau pengajar sudah pasti yang paling utama adalah materi yang akan dipelajari. Guru bahasa Indonesia dalam hal ini harus memiliki kreatifitas untuk menyediakan topik serta materi yang menarik kepada pembelajar. Pengajar perlu memiliki acuan pengajaran agar pemberian ilmu tentang bahasa Indonesia tepar sasaran. Biasanya sebelum belajar, perlu dipersiapkan silabus pengajaran bahasa Indonesia untuk orang asing sesuai dengan tingkatan belajar murid. Silabuus ini dibuat dalam beberap pertemuan untuk mengatur proses berjalannya pembelajaran. Dalam silabus pengajaran bahasa Indonesia untuk orang asing, perlu dibuat tujuan serta durasi belajar yang didalamnya terdapat hal-hal apa saja yang akan dipelajari pada setiap pertemuan. Pembuatan silabus setiap tingkat belajar bahasa Indonesia untuk orang asing berbeda sesuai dengan kemampuan belajar mereka. Dibawah ini akan dijelaskan tentang apa saja yang perlu ada dalam silabus pengajaran bahasa Indonesia untuk orang asing.

Silabus Pengajaran Bahasa Indonesia untuk Orang Asing

  1. Tujuan pembelajaran materi

Pembuatan silabus pada awalan harus disusun apa tujuan pembelajaran materi yang akan disampaikan pada saat itu karena ini akan menjadi bahan evaluasi apakah setiap tujuan yang telah tersusun dapat dicapai dengan baik oleh orang asing yang sedang mempelajari bahasa Indonesia. Ini akan membantu pengajar agar menyampaikan ilmu secara terarah dan tidak bingung mengenai apa yang akan diajarkan selanjutnya. Tujuan pembelajaran perlu juga akan menilai hasil akhir dari tingkat kemampuan pembelajar asing dalam mencerna apa yang telah disampaikan.

  1. Uraian materi yang akan disampaikan

Pada silabus pengajaran bahasa Indonesia untuk orang asing pastinya diutamakan terdapat uraian materi yang akan disampaikan. Materi harus disesuaikan dengan kebutuhan serta tingkat kemampuan belajar yang diikuti oleh pembelajar asing. Seperti yang telah diketahui, tingkatan dalam belajar bahasa Indonesia untuk orang asig terdiri atas tiga tingkat yaitu tingkat pemula, tingkat menengah (madya), dan juga tingkat mahir. Walaupun belum ada kurikulum serta buku panduan yang berasal dari system pendidikan di kementrian, tapi masing-masing lembaga penyelenggara BIPA sudha membuat acuan materi sendiri untuk setiap tingkatan.

  1. Sumber media pembelajaran

Media pembelajaran sangat penting dalam mendukung berjalannya proses belajar mengajar. Dalam silabus pengajaran bahasa Indonesia untuk orang asing, keterangan mengenai sumber media pembelajaran perlu dipaparkan agar menjadi referensi untuk pengajar lainnya ketika akan menyampaikan materi yang sama kepada pembelajar asing lainnya. Sumber media pembelajaran dapat ditemukan di berbagai buku yang tersedia juga di website-website internet. Tidak hanya itu, media pembelajaran juga dapat berupa permainan buatan sendiri yang cocok untuk menyampaikan materi pada proses pengajaran. Pada kondisi ini, pengajar dituntut untuk menggunakan kreatifitas mereka dalam memberikan media pembelajaran kepada para murid asing yang belajar bahasa Indonesia. Semakin menarik media pembelajaran, maka proses belajar akan semakin menyenangkan dan efektif.

  1. Evaluasi belajar

Setiap proses belajar tentu harus ada hasil akhir yang dicapai, inilah yang disebut dengan evaluasi dalam setiap kegiatan belajar megajar. Ragam evaluasi belajar yang akan dilakukan pengajar perlu dituliskan dalam silabus pengajaran bahasa Indonesia untuk orang asing karena akan menjadi tolak ukur untuk menilai pembelajar asing. Mengevaluasi murid dapat berupa pemberian soal-soal ringan tentang materi yang baru saja dipelajari atau melakukan presentasi untuk mengetahui sejauh mana murid mampu menguasai bahasa Indonesia. Evaluasi ini tentu akan berbeda pada setiap pertemuan sehingga dari waktu ke waktu pengajar dapat menilai batasĀ  kemampuan murid dan mencari cara untuk meningkatkannya.

Silabus Pengajaran Bahasa Indonesia untuk Orang Asing

Pembuatan silabus pengajaran bahasa Indonesia untuk orang asing merupakan hal yang sangat penting agar proses belajar mengajar menjadi terstruktur dan berjalan dengan baik. Setiap lembaga akan mewajibkan pengajar mereka untuk membuat silabus pengajaran bahasa Indonesia pada setiap pertemuan sehingga ini menjadi acuan untuk pengajar lain di masa yang akan datang. Jika Anda membutuhkan informasi tentang silabus bahasa Indonesia untuk orang asing, dapat menghubungi kami yang merupakan salah satu lembaga penyelenggara kursus bahasa Indonesia untuk orang asing, melalui telphone/SMS/WA ke nomor 087885296161/ 081280255466 atau anda dapat mengirimkan pesan melalui email excellentinhousetraining@gmail.com. (SM)

www.excellentinhousetraining.com

nia-n-kim-300x225

Terimakasih telah membaca artikel tentangĀ Silabus Pengajaran Bahasa Indonesia untuk Orang Asing ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *