Tata Bahasa Indonesia Untuk Orang Asing

Tata Bahasa Indonesia Untuk Orang Asing

Mempelajari bahasa Indonesia tidak serta merta hanya mempelajari tentang bagaimana cara mampu berkomunikasi dengan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Sehubungan dengan orang asing yang semakin meningkatkan untuk belajar bahasa Indonesia dengan berbagai tujuan yang ada, saat ini sudah menyebar lembaga penyelenggara bahasa Indonesia untuk orang asing di berbagai daerah di Indonesia yang berpotensi sebagai target kunjungan orang asing. Dalam hal ini, mereka yang tertarik belajar bahasa Indonesia tentunya perlu mengetahui lebih dalam tentang dunia kebahasaan Indonesia. Belajar bahasa Indonesia untuk orang asing tidak hanya meliputi pelajaran kosakata dan ejaan yang benar. Setiap pembelajaran bahasa Indonesia untuk orang asing memerlukan buku panduan untuk mengarahkan orang yang tersebut dalam mempelajari bahasa negara ini secara bertahap. Hal yang paling utama dipelajari adalah tata bahasa Indonesia untuk orang asing. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa pelajaran  bahasa Indonesia untuk orang asing tidak sama dengan pelajaran bahasa Indonesia untuk penduduk asli. Ini disebabkan karena aspek bahasa yang dimiliki orang asing berbeda dengan bahasa Indonesia sehingga diperlukan kesungguhan dalam mempelajarinya baik dalam pengenalan tata bahasa Indonesia untuk orang asing. Berbicara mengenai tata bahasa tentunya meliputi beberapa bagian yaitu struturalisasi kalimat yang diucapkan dalam komunikasi. Bagi beberapa penutur asing, mempelajari tata bahasa Indonesia memang sedikit agak sulit karena aturan yang digunakan jauh berbeda dengan bahasa asli. Walaupun terkadang ada dalam beberapa kondisi bahwa tata bahasa ada yang tidak digunakan pada kehidupan sehari-hari. Ruang lingkup tata bahasa Indonesia untuk orang asing meliputi beberapa hal dibawah ini.

Tata Bahasa Indonesia Untuk Orang Asing

  1. Penggunaan kata berimbuhan

Orang asing yang mempelajari bahasa Indonesia tentu sudah tahu dengan penggunaan imbuhan baik berupa awalan maupun akhiran. Bagi mereka ini sedikit sulit karena kata yang tadinya singkat akan lebih panjang bila menggunakan imbuhan dan pengucapannya sangat berbeda dengan pengucapan bahasa pertama mereka. Imbuhan dalam bahasa Indonesia ada beberapa macam seperti me-, pe-, ke-, per-, ber-, ter-, mem-, meny-, pe-an, ke-an, me-kan, me-I, -I, -an,-kan, dan masih banyak penggunaan imbuhan lainnya. Biasanya orang Indonesia jarang menggunakan imbuhan yang telah disebutkan tersebut. Karenanya, banyak para penutur asing yang melupakan materi tata bahasa Indonesia untuk orang asing ketika menghadapi dunia yang sesungguhnya. Penggunaa imbuhan hanya bentuk formalitas jika berbicara dalam konteks formal.

  1. Penggunaan kata ulang

Bahasa Indonesia memiliki konsep kata ulang dalam tata bahasa menurut ejaan yang disempurnakan. Kata ulang dalam bahasa Indonesia merupakan suatu bentuk jamak atau hal yang menyerupai dalam sebuah kata. Seperti misalnya kata buku-buku dapat diartikan dengan buku dalam jumlah banyak sedangkan mobil-mobilan dapat diartikan dengan mainan yang menyerupai mobil. Kata ulang ini seringkali didengar dalam percakapan sehari-hari sehingga sangat penting bagi siswa untuk mempelajari salah satu bagian dari tata bahasa Indonesia untuk orang asing ini.

Tata Bahasa Indonesia Untuk Orang Asing

  1. Kalimat Tanya

Kalimat Tanya pastinya sangat penting dalam pelajaran tata bahasa Indonesia untuk orang asing. Pada pembelajaran bahasa Indonesia, penggunaan kata 5W1H yang meliputi apa, dimana, kenapa, siapa, kapan, dan bagaimana adalah pelajaran yang wajib didapat oleh orang asing karena mereka akan selalu mendengar kalimat tanya di sekitar lingkungan mereka.

  1. Kalimat aktif dan pasif

Setiap bahasa tidak pernah lepas dari dua tipe kalimat utama yaitu pasif dan aktif. Pada pelajaran tata bahasa Indonesia untuk orang asing, mereka akan dijelaskan mengenai imbuhan yang harus digunakan untuk menyatakan kalimat aktif dan pasif seperti me- ­digunakan untuk kalimat aktif dan di- untuk kalimat pasif.

  1. kalimat perintah

Kalimat perintah dalam aturan bahasa Indonesia menggunakan akhiran –kan dan juga dapat menggunakan kata sopan sperti kata Tolong. Belajar tata bahasa Indonesia untuk orang asing pada bagian kalimat perintah cukup mudah. Hanya saja mereka harus memiliki perbendaharaan kosakata.

  1. Kalimat perbandingan

Kalimat perbandingan pada tata bahasa Indonesia untuk orang asing ini juga termasuk hal yang sangat penting untuk menambah informasi mereka tentang mengungkapkan ukuran. Biasanya untuk membandingkan sesuatu menggunakan kata lebih…..daripada ­atau untuk persamaan menggunakan awalan se- disertai dengan kata sifat dalam bahasa Indonesia.

Tata Bahasa Indonesia Untuk Orang Asing

Jika Anda membutuhkan informasi mengenai tata bahasa Indonesia untuk orang asing maka dapat menghubungi kami sebagai penyelenggara bahasa Indonesia professional melalui telphone/SMS/WA ke nomor 087885296161/ 081280255466 atau anda dapat mengirimkan pesan melalui email excellentprivat@gmail.com. (SM)

www.expatriateindonesia.com

me-n-kim-300x225

Terimakasih telah membaca artikel tentang Tata Bahasa Indonesia Untuk Orang Asing ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *